Penyebab Smartphone Boros Baterai

penyebab-smartphone-boros -baterai
Image Source : tribunnews.com
Penyebab Smartphone Boros Baterai - Dengan semua kecanggihan yang tersemat pada sebuah smartphone, smartphone tak ubahnya seperti sebuah komputer mini dalam genggaman. 

Berbagai aktivitas yang awalnya hanya bisa dilakukan di komputer sekarang sudah bisa dilakukan di smartphone. Seperti layanan internet, pesan instan, game dan berbagai fitur canggih lainnya.

Baca juga : Tips Membeli Smartphone

Namun semua layanan ini membutuhkan konsumsi daya yang besar. Bagi smartphone kelas atas, bukanlah suatu masalah, saat ini smartphone kelas atas sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Tapi bagi smartphone kelas menengah dan kelas bawah, hal ini adalah masalah klasik, kapasitas baterai yang tersedia juga hanya kelas menengah. 

Kalau smartphone digunakan secara intens, setengah hari saja baterainya sudah terkuras habis, sehingga tidak ada pilihan lain selain charge ulang atau membawa power bank dari rumah. Bagi sebagian orang hal ini terasa sangat merepotkan. 

Muncul pertanyaan mengapa baterai smartphone cepat habis ?, berikut berapa hal yang menyebabkan baterai smartphone cepat habis. 
  • Banyaknya back ground proses yang berjalan pada smartphone. Notifikasi dari aplikasi media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagaram, BBM, email, dan berbagai aplikasi lainnya yang akan melakukan sinkronisasi setiap interval waktu tertentu.
  • Jaringan yang tidak stabil. Kestabilan jaringan operator selular juga bertanggung jawab terhadap borosnya baterai sebuah smartphone. Smarphone akan akan terus menerus berusaha mencari signal terbaik dan hal ini menguras banyak daya. Gunakan operator dengan sinyal terbaik ditempat Anda. Gunakan "Air Plane Mode" saat Anda berada di tempat yang memiliki sinyal lemah atau saat dalam perjalan.
  • Akses lokasi.  Untuk mendukung fungsinya, kebanyakan aplikasi menggunakan akses lokasi, Anda bisa mematikan fitur ini di "Pengaturan > Akses Lokasi.  
  • Layar terlalu terang. Atur kecerahan layar seperlunya saja, layar yang terlalu terang akan menkonsumsi banyak daya.
  • Fitur GPS. Jika Anda tidak sedang menggunakan google map sebaiknya matikan fitur GPS. Karena posisi Anda akan selalu dicari oleh satelit dan pergerakan Anda akan di record secara otomatis menggunakan akses internet. Selain boros kouta internt hal ini juga akan menguras daya smartphone. Namun cara ini memiliki satu kelemahan, ketika smartphone Anda hilang tidak akan bisa dicari dengan GPS.
  • Pembaruan aplikasi otomatis. Matikan pembaruan otomatis aplikasi pada  Play Store, hanya perbarui aplikasi yang sering Anda gunakan. Selain hemat kuota, juga akan menghemat daya.
  • Nonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Salah satu keunikan orang Indonesia adalah menggunakan banyak aplikasi perpesanan pada smartphone, seperti BBM, Whatsapp,Line dan We Chat dan Messenger. Padahal tidak semua aplikasi tersebut sering digunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi "Greenify" untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan hanya dengan sekali tap.
Untuk tambahan, Anda bisa mengaktifkan fitur hemat daya yang ada pada smartphone dan mengatur smartphone agar "on" dan "off" pada waktu yang sudah ditentukan. Misalnya smartphone akan "off" pada jam 1.00 malam dan akan dan "on" kembali pada jam 6.00 pagi. Selain menghemat daya, smartphone juga akan ikut istirahat saat Anda tidur.

Tag : Penyebab Smartphone Boros Baterai , mengapa baterai smartphone cepat habis , menkonsumsi banyak daya , menguras daya smartphone



1 Response to "Penyebab Smartphone Boros Baterai"

Komentar spam dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel, dan menempatkan link hidup, mohon maaf akan saya hapus.
Terima kasih